Visi dan Misi

VISI, MISI DAN TUJUAN
SMP NEGERI 2 DAGANGAN





1. VISI SEKOLAH

 “UNGGUL IMTAQ DAN IPTEK MENUJU TERWUJUDNYA INSAN KAMIL”

Indikator Visi :
  • Terwujudnya lulusan yang unggul IMTAQ dan iptek
  • Terwujudnya KTSP di sekolah
  • Terwujudnya standar proses pembelajaran yang efektif dan efisien
  • Terwujudnya standar penilaian pendidikan 
  • Terwujudnya standar pengelolaan pendidikan
  • Terwujudnya standar tenaga pendidik dan kependidikan
  • Terwujudnya standar prasarana dan sarana pendidikan yang relevan dan mutakhir
  • Terwujudnya standar keuangan dan pembiayaan  pendidikan yang transparan, akuntabel, efektif dan efisien
  • Terwujudnya budaya mutu sekolah
  • Terwujudnya lingkungan sekolah yang sehat dan lestari
  • Terwujudnya insan kamil


2. MISI SEKOLAH

a. Terwujudnya lulusan yang unggul IMTAQ dan iptek.
a.1 Mewujudkan nilai-nilai agama dalam  kehidupan sehari-hari peserta didik
a.2 Mewujudkan keterampilan life skill  yang marketable dan kompetifif
a.3 Mewujudkan kemampuan KIR yang cerdas dan kompetitif
a.4 Mewujudkan kemampuan seni yang tangguh dan kompetitif
a.5 Mewujudkan kemampuan olah raga yang tangguh dan kompetitif
a.6 Mewujudkan kepramukaan yang menjadi suri tauladan

b. Terwujudnya KTSP di sekolah
b.1   Mewujudkan Dokumen-1 atau Buku-1 KTSP
b.2 Mewujudkan silabus semua mata pelajaran dan untuk semua jenjang/kelas/tingkatan
b.3 Mewujudkan RPP semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan
b.4 Mewujudkan  perangkat kurikulum yang lengkap, mutakhir, dan berwawasan kedepan
b.5 Mewujudkan  diversifikasi kurikulum SMP agar relevan dengan kebutuhan, yaitu kebutuhan peserta didik, keluarga, dan berbagai sektor pembangunan dan sub-sub sektornya.

c. Terwujudnya standar proses pembelajaran yang efektif dan efisien
c.1 Mewujudkan stándar pembelajaran yang efektif dan efisien

d.   Terwujudnya standar penilaian pendidikan 
d.1 Mewujudkan standar penilaian pendidikan yang memenuhi konsep belajar tuntas, otentik, berkesinambungan, berdasarkan acuan kriteria/patokan dan menggunakan berbagai cara dan alat penilaian

e. Terwujudnya standar pengelolaan pendidikan
e.1 Mewujudkan sekolah inovatif
e.2 Mewujudkan organisasi sekolah yang terus belajar (learning organization)
e.3 Mewujudkan manajemen berbasis sekolah yang tangguh

f. Terwujudnya standar tenaga pendidik dan kependidikan 
f.1   Mewujudkan pendidik dan tenaga kependidikan yang mampu berkarya dan tangguh

g. Terwujudnya standar prasarana dan sarana pendidikan yang relevan dan mutakhir
g.1 Mewujudkan fasilitas sekolah yang relevan, mutakhir, dan berwawasan kedepan

h. Terwujudnya standar keuangan dan pembiayaan pendidikan yang transparan, akuntabel, efektif dan efisien
h.1 Mewujudkan pembiayaan pendidikan yang transparan, akuntabel, efektif dan efisien

i.     Terwujudnya budaya mutu sekolah
i.1   Mewujudkan nilai-nilai solidaritas bagi kehidupan sekolah
i.2 Mewujudkan sekolah wiyata mandala yang menikmatkan belajar siswanya

j.   Terwujudnya lingkungan sekolah yang sehat dan lestari
j.1 Mewujudkan sekolah sehat
j.2 Mewujudkan lingkungan sekolah yang lestari dengan prinsip-prinsip penghijauan dan ramah lingkungan

k. Terwujudnya insan kamil
k.1 Mewujudkan insan Indonesia cerdas dan kompetitif ( Insan Kamil/Insan Paripurna )



TUJUAN SEKOLAH DALAM 4 TAHUN :
  1. Sekolah mampu menghasilkan lulusan yang unggul IMTAQ dan iptek.
  2. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan aspek-aspek standar isi (kurikulum satuan pendidikan, meliputi: tercapai/ telah dibuat kurikulum satuan pendidikan, silabus dan model/sistem penilaian lengkap, RPP lengkap untuk kelas 7, 8 dan 9)
  3. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar proses pembelajaran meliputi: tercapai/telah dibuat/ditetapkan melaksanakan pembelajaran dengan strategi/metode: CTL, pendekatan belajar tuntas yang efektif dan efisien.
  4. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar penilaian pendidikan yang relevan.
  5. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar pengelolaan sekolah meliputi: pencapaian standar pengelolaan : pembelajaran, kurikulum, sarpras, SDM, kesiswaan, administrasi, dll secara lengkap.
  6. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar pendidik dan tenaga kependidikan meliputi Kepala Sekolah, Guru, tenaga administrasi, tenaga perpustakaan, laboran dan konselor yang kompeten pada bidangnya.
  7. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar sarpras/fasilitas sekolah meliputi: semua sarpras, fasilitas, peralatan, dan perawatan memenuhi SNP.
  8. Sekolah mampu memenuhi standar keuangan dan pembiayaan yang transparan, akuntabel, efektif dan efisien 
  9. Sekolah mampu memenuhi pengembangan budaya mutu sekolah yang memadai
  10. Sekolah mampu mewujudkan lingkungan sekolah dengan menerapkan 7K secara lengkap.

Didukung Oleh

Website Blog Sekolah

Website Blog Sekolah

Chat with Admin

Buku Tamu

Statistik Web